Pembelajaran berkelanjutan ini bermuara pada pembentukan sikap kesantunan berbahasa. Pembelajaran model ini dimulai dengan peningkatan kompetensi pengetahuan tentang jenis, kaidah, dan konteks suatu teks, dilanjutkan dengan kompetensi keterampilan menyajikan suatu teks tulis dan lisan, baik terencana maupun spontan dengan pelafalan dan intonasi yang tepat. Sebagai bagian dari Kurikulum 2013 yang menekankan pentingnya keseimbangan kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan, kemampuan berbahasa Inggris dibentuk melalui pembelajaran berkelanjutan. Bagi beberapa sekolah dan daerah yang telah mengajarkan Bahasa Inggris mulai dari kelas-kelas akhir SD/MI, materi yang disajikan perlu diperkaya dengan materi tambahan yang disesuaikan dengan kemampuan siswa, walaupun struktur pembelajarannya tetap mengacu pada model yang ada dalam buku ini. Komunikasi yang disajikan di sini adalah komunikasi sehari-hari. Pemahaman terhadap jenis, kaidah, dan konteks suatu teks ditekankan sehingga memudahkan siswa menangkap makna yang terkandung dalam suatu teks dan menyajikan informasi, gagasan, pikiran, dan perasaan dalam bentuk teks secara kontekstual sehingga mudah dipahami orang lain. Penyajiannya menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis teks, baik lisan maupun tulis dengan menempatkan bahasa Inggris sebagai sarana berkomunikasi, berpikir, dan mengolah rasa. Sejalan dengan peran di atas, pembelajaran Bahasa Inggris untuk SMP/MTs Kelas IX ini disusun untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris para siswa. Peran bahasa Inggris dalam model pembelajaran seperti itu menjadi sangat sentral mengingat lebih banyak sumber belajar yang menggunakan bahasa Inggris dibandingkan bahasa lainnya. Di dalamnya terdapat pergeseran pembelajaran dari siswa diberi tahu menjadi siswa mencari tahu dari berbagai sumber belajar melampaui batas guru dan satuan pendidikan. Kurikulum 2013 dirancang untuk menyongsong model pembelajaran abad ke-21. Kurikulum 2013 menyadari peran penting bahasa Inggris tersebut. Makin datarnya dunia dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi menyebabkan pergaulan tidak dapat lagi dibatasi oleh batas-batas negara. Kemendikbud.Ĭetakan Ke-1, 2015 (ISBN 978-602-282-021-5) Cetakan Ke-2, 2018 (Edisi Revisi) Disusun dengan huruf Times New Roman, 11 pt.īahasa Inggris adalah bahasa utama dalam komunikasi antarbangsa dan pergaulan dunia. Penyelia Penyeli a Penerbitan : Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud. : Lestari Manggong, Wawan Gunawan dan Ouikurema Purwati. : Siti Wachidah, Yuli Rulani Khatimah, dan Diyantari. Bahasa Inggris - Studi dan Pengajaran II. Edisi Revisi Jakarta Jak arta : Kementerian Pendidikan Pendidikan dan Kebudayaan, 2018. Bahasa Inggris, Think Globally Act Locally : : buku guru/ Kementerian Pendidikan Pendidikan dan Kebudayaan. Katalog Dalam Terbitan Terbitan (KDT) Indonesia. Masukan dari berbagai kalangan yang dialamatkan kepada penulis dan laman atau melalui email diharapkan dapat meningkatkan kualitas buku ini. Buku ini merupakan “dokumen hidup” yang senantiasa diperbaiki, diperbaharui, dan dimutakhirkan sesuai dengan dinamika kebutuhan dan perubahan zaman. Buku guru ini disusun dan ditelaah oleh berbagai pihak di bawah koordinasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan dipergunakan dalam tahap awal penerapan Kurikulum 2013. Ini merupakan buku guru yang dipersiapkan Pemerintah dalam rangka implementasi Kurikulum 2013. Hak Cipta © 2018 pada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Dilindungi Undang-Undang